Tips Jitu Agar Kulit Sensitif Tetap Sehat

By | 3:25 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Kulit wajah adalah aset terpenting dalam penampilan, baik itu pria maupun wanita. Bagi yang berkulit sensitif ada baiknya untuk lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik dan perawatan kulit, karena kalau sampai salah pilih bisa jadi yang menjadi taruhan adalah kulit wajah menjadi iritasi atau bahkan rusak. Berikut adalah artikel dari Women's Health Magazine tentang 8 tips untuk kulit sensitif:

1. Lakukan uji produk sebelum memakainya
Pastikan selalu untuk melakukan tes kecil sebelum memulai menggunakan produk baru. Oleskan sedikit saja produk ke bagian kulit Anda, misalnya di belakang telinga, dan tunggu minimal 24 jam. Jika ada tanda iritasi, kemerahan, gatal, atau perasaan tidak nyaman lainnya, sebaiknya jangan gunakan produk itu

2. Jangan gunakan produk hypoallergenic
Apakah produk hypoallergenic pasti aman untuk kulit sensitif? Belum tentu, karena tidak ada standar untuk menaruh label hypoallergenic. Dengan demikian, produk yang mengklaim hypoallergenic tidak selalu cocok untuk kulit sensitif.

3. Rutin oleskan pelembab
Kulit sensitif membutuhkan jadwal perawatan kulit yang tepat. Patuh dan rutin mengoleskan pelembab pada pagi dan malam hari akan melindungi kulit dari kehilangan air. Pelembab juga akan menjadi pelindung dari bahaya lingkungan, seperti polusi dan angin.

4. Selalu baca label
Pengetahuan adalah kekuatan. Persenjatai diri Anda dengan membaca label produk. Carilah produk bebas dari wewangian dan pengawet. Dua bahan ini merupakan penyebab umum iritasi. Semakin pendek daftar bahan, semakin baik produk itu bagi kulit sensitif.

5. Bersihkan secara teratur
Jauhkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat paling tidak 2 kali sehari, baik mandi maupun cuci muka. Pilih pembersih yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, tapi jangan pilih produk yang terlalu lembut. Ini akan menyulitkan Anda untuk menghapus bekas riasan.

6. Gunakan sedikit produk saja
Tidak perlu banyak produk untuk menjaga kulit sensitif. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit sehari-hari, cukup sediakan pembersih, pelembab, dan tabir surya.

7. Hati-hati memilih kosmetik
Jika memang harus menggunakan kosmetik, pilihlan kosmetik yang ramah untuk kulit sensitif. Pilihlah bubuk mineral, yang sebagian besar bebas pengawet dan pewarna buatan, untuk menghindari iritasi. Kemudian hindari maskara tahan air agar tidak membutuhkan pembersih yang keras untuk menghapusnya. Berikutnya, hindari eyeliner dalam bentuk liquid. Pilihlah eyeliner pensil yng tidak mengandung lateks yang akhirnya menyebabkan timbulnya reaksi di kulit. Dan, buanglah kosmetik yang sudah terlalu lama untuk menghindari kontaminasi dari waktu ke waktu. Terakhir, Anda harus membersihkan kuas kosmetik secara rutin.
8. Pilih tabir surya yang tepat
Kulit iritasi juga ekstra sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan tabir surya sepanjang tahun dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi jaringan halus dari sinar matahari yang menyengat. Carilah tabir surya dengan bahan yang ramah, seperti seng oksida dan titanium dioksida. Perlu diingat, hindari tabir surya yang mengandung oxybenzone, octylcrylene, dan octinoxate. Ketiga bahan kimia ini bisa menimbulkan reaksi bagi kulit sensitif Anda.

Jika memilih menggunakan produk natural ataupun herbal, juga perhatikan kompisisinya apakah cocok untuk kulit sensitif dan lakukan pengetesan sebelum memakai.

Semoga bermanfaat, ditunggu komen dan sarannnya ya ^^

0 Comment:

Post a Comment