Cara Memakai Minyak Esensial 3: Internal atau Dikonsumsi

By | 12:22 PM 1 comment

Halo Pembaca,

Melanjutkan 2 (dua) blog sebelumnya tentang cara memakai minyak esensial secara Aromatik dan Topikal, kali ini akan dibahas cara memakai minyak esensial secara internal atau dikonsumsi.

Memang tidak semua minyak esensial aman untuk dikonsumsi, seperti misalnya minyak esensial Tea Tree. Penggunaan minyak esensial secara internal tanpa informasi yang tepat bisa mengakibatkan efek samping seperti mual, pusing, muntah, halusinasi, dll.

Untuk membantu kita agar lebih memahami bagaimana cara penggunaan minyak esensial secara internal, berikut adalah cara yang biasa digunakan untuk penggunaan minyak esensial secara internal:


1. Memasak: 
Ada banyak minyak esensial yang bisa dipakai untuk memasak, salah satunya adalah oregano. Biasanya 1 tetes cukup untuk ditambah dalam masakan, jika ingin memakai lebih sebaiknya baca ketentuan pemakaian. Minyak esensial lain yang juga cocok untuk memasak adalah basil, thieves, lime, dll.

2. Minum: 
Kita juga bisa menambahkan minyak peppermint atau lemon kedalam air minum yang dikonsumsi sehari-hari untuk membantu melancarkan pencernaan atau menambah energi. Atau bisa juga dengan menambahkan 1 tetes minyak esensial ke dalam segelas susu beras, susu almond, atau air mineral, dan diminum sesuai kebutuhan. Selain kedua minyak esensial tersebut, minyak esensial anggur, orange, lime, citrus dll

.

3. Supplemen: 
Tambahkan setetes minyak esensial ke dalam madu sebagai supplemen. 

4. Membersihkan Vagina: 
Pembersihan bagian intim wanita sangat penting, bisa dilakukan dengan cara mencampur setetes minyak esensial dengan 2-3 sendok makan minyak carrier lalu semprotkan kedalam vagina dengan vaginal syringe lalu tahan dengan tampon selama kurang lebih 20 menit. Atau bisa juga dengan merendam terlebih dahulu tampon ke dalam campuran minyak esensial lalu pakai selama 8 jam. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan mencampurkan minyak esensial dengan air hangat lalu masukkan dalam ember dan berendam selama 15-20 menit atau sampai suhu air kembali normal. Minyak esensial yang bisa 
digunakan adalah lavender dan rose hip.


5. Membersihkan Dubur: 
Cara untuk membersihkan dubur hampir sama membersihkan vagina, yaitu dengan menyemprotkan campuran minyak esensial dengan alat khusus (rectal syringe) atau dengan memasukkan minyak ke dalam kapsul lalu masukkan kapsul kedalam dubur. Minyak dalam kapsul ini akan bertahan selama beberapa jam atau semalam. Untuk membersihkan dubur bisa memakai minyak esensial Geranium, Lavender, Tea Tree, Chamomile, Ylang Ylang.


Untuk semua pemakaian internal sebaiknya kita lebih berhati-hati, pahami betul minyak esensial mana yang sesuai dengan tubuh dan kebutuhan kita, jangan sampai terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Semoga informasi ini bisa membantu, selamat mencoba. Ditunggu komen dan sarannya ya ^^

1 comment: Leave Your Comments

  1. Hi, minyak peppernint natural hut bs utk dicampur ke minuman spt teh?

    ReplyDelete