Membuat Shampoo Sendiri di Rumah

Halo Pembaca,

Pertengahan Desember 2013 yang lalu saya mencoba membuat shampoo sendiri, cara pembuatannya sama seperti cara pembuatan sabun dengan cold process. Oleh sebab itu shampoo yang dihasilkan bukan berbentuk cair tetapi bar hehehehe... Warnanya agak sedikit kecoklatan.


Bahan-Bahan
Untuk bahan-bahannya bisa googling "Shampoo Bar" dan ada banyak resep-resep yang tersedia di internet. Tetapi untuk shampoo yang saya buat ini, ditambah dengan tanaman herbal China "He Shou Wo" dan akar licorice. Kedua tanaman herbal ini direbus lalu airnya dipakai untuk membuat sabun, fungsi dari "He Shou Wo" dan akar licorice adalah untuk menguatkan akar rambut dan membuat rambut lebih hitam. Selain tanaman herbal saya juga menambahkan minyak esensial lavender dan lemongrass untuk melindungi kulit kepala agar tidak kering dan berketombe.


Keramas dengan shampoo bar
Kemarin saya mulai memakai shampoo bar ini. Sewaktu pertama kali dioleskan ke rambut rasanya seperti memakai shampoo pada umumnya terasa lembut, hanya saja busanya tidak sebanyak seperti shampoo biasa. Setelah semuanya berbusa dan dipijat-pijat ringan, saya diamkan selama 3-5 menit. Waktu dibilas dengan air, wowww....rambut saya terasa super kesat dan agak kaku hehehe... Hal ini disebabkan karena PH shampoo bar yang dibuat dengan cold process berkisar 7-8, sedangkan PH rambut dibawah 7. Oleh sebab itu saya sudah siapkan juice lemon untuk membilas rambut saya dan hasilnya hmmm....rambut tidak kesat dan kaku lagi, kembali biasa seperti setelah memakai shampoo biasa :)

Mengapa juice lemon?
Lemon bersifat asam, sedangkan shampoo bar bersifat basa ringan (PH diatas 7 di bawah 10), dengan pencampuran ini sifat basa pada shampoo bar akan menurun dan PH juga akan menurun hingga dibawah 7.
Selain juice lemon, bisa juga memakai cuka masak, cuka apel, atau citric acid (asam sitrat).

Semoga info ini bisa membantu :) Ditunggu komen dan sarannya~

1 Comments

Previous Post Next Post