Membersihkan Kulit Dari Abu Vulkanik Gunung Kelud

By | 11:53 AM 4 comments
Halo Pembaca,

Sejak meletusnya Gunung Kelud tanggal 13 Februari 2014 kemarin, abu vulkaniknya terus sudah menjalar ke sebagian besar pulau Jawa. Abu yang berasal dari Jawa Timur tersebut sudah terbang sampai ke Kota Bogor.



Dalam berita banyak disampaikan bahwa abu vulkanik tersebut bisa membahayakan kesehatan, terutama saluran pernafasan, mata dan kulit. Oleh sebab itu penggunaan masker dan kaca mata pelindung selama berada di jalan sangatlah penting. Tetapi walaupun sudah menggunakan masker penutup wajah atau jaket, tetap saja ada sebagian abu yang akan menempel di kulit kita, karena teksturnya yang sangat lembut dan halus. Jangan anggap remeh abu ini, karena dari informasi yang saya dapat abu vulkanik Gunung Kelud ini ternyata dapat membuat kulit iritasi dan bahkan eksim. Berikut saya bagikan tips untuk membersihkan kulit dari abu vulkanik.

Siram kulit dengan air selama beberapa detik, agar abu-abu yang menempel pada permukaan kulit hanyut bersama air.



Setelah itu gunakan scrub atau pealing untuk membersihkan pori-pori, gosok merata dengan lembut selama 2-3 menit. Scrub bisa dengan scrub body/facial wash, atau dengan sugar scrub buatan sendiri, atau dengan ampas teh atau ampas kopi. Jika ingin menggunakan scrub yang lembut gunakan oatmeal atau ampas santan. Setelah itu bilas bersih dan mandilah seperti biasa.



Untuk yang memiliki pori-pori agak besar pada bagian wajah, gunakan masker putih telur sebelum tidur untuk mengangkat semua kotoran dan mengecilkan pori-pori.



Sebelum beraktifitas dipagi hari, bilas wajah dengan air, keringkan dengan handuk bersih lalu tempelkan potongan timun pada bagian yang mudah berminyak, diamkan selama 10 menit. Dengan potongan timun minyak dikulit akan berkurang dan pori-pori menjadi agak lebih mengecil, dengan demikian abu yang masuk ke pori-pori juga berkurang.



Semoga tips ini bisa membantu, ditunggu komen dan sarannya ^^

4 comments: Leave Your Comments

  1. aku sampe bela-belain ga keluar kost loh kak waktu libur gara-gara debu ini., emang sih bandung ga parah cuma males aja berdebu banget makasih tipsnya aku mau nyoba scrub dari ampas santannya. kalo ampas teh setiap hari ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...klo ngga penting2 bgt jgn keluar dlu udara tidak bersih hehehe...
      Waahhh...kamu rajin bgt ya tiap ari perawatan...ak aj cuman 1x seminggu pake scrub itu hahaha

      Delete
  2. Soalnya ngejar target biar mirip Rekti The sigit kak, selama ini kan aku jarang perawatan. Baru beberapa bulan terakhir, jerawat aku juga mulai sembuh tinggal bekasnya aja. Aku udah ga pake kosmetik kimia. paling facial foam aja, ama pelembab, kebetulan ada yang cocok, sisanya ngga kak. pake yang alami, manfaatin sisa ampas teh. Beli tomat, putih telur, gitu aja ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perawatan natural emang paling ok...hasilnya kliatan dan ga bikin ketergantungan,
      Smoga targetnya bisa cepet kesampean ya ^^

      Delete