Toner Wajah Natural: Witch Hazel

Halo Pembaca,

Dalam artikel membuat toner timun lemon, ada disebutkan salah satu bahan yang dibutuhkan adalah witch hazel. Mungkin ada yang belum tahu apa itu witch hazel, jika di dengar dari namanya seperti bahan kimia. Atau jika Anda penggemar kartun Looney Tunes, mungkin akan tahu karakter penyihir yang bernama Witch Hazel.


perawatan natural sabun natural
 Bunga tanaman witch hazel

Sebenarnya witch hazel adalah tanaman dengan nama latin Hamamelis virginiana, yang sering digunakan untuk pengobatan. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Biasanya daun, kulit pohon dan sebagian ranting yang kering, diolah dengan proses destilasi untuk menghasilkan air witch hazel atau dikenal dengan nama Hamamelis water atau ekstrak witch hazel. Dalam bidang pengobatan, air destilasi witch hazel digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare, muntah darah, batuk berdarah, tuberkolosis, flu, demam, tumor dan kanker.


perawatan natural sabun natural
Daun dan ranting tanaman witch hazel

perawatan natural sabun natural
Bentuk pohon tanaman witch hazel

Witch hazel juga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Kandungan tanin didalamnya dapat membantu mengurangi pembengkakan, memperbaiki sel kulit yang rusak dan melawan bakteri. Selain itu witch hazel juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Oleh sebab itu, air witch hazel banyak digunakan sebagai bahan untuk toner dan lotion, terutama untuk anti aging dan kulit berjerawat. Air witch hazel juga bermanfaat untuk meredakan kulit iritasi.


perawatan natural sabun natural
Toner 100% Witch Hazel

Untuk membuat toner sendiri dirumah, Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya (alami) atau air mawar dengan witch hazel, atau langsung digunakan sebagai toner wajah. Jika memiliki kulit sensitif, kurangi dosis witch hazel untuk menghindari iritasi atau efek samping lainnya.

Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui sebaiknya hindari penggunaan witch hazel. Untuk orang lanjut usia dan anak-anak sebaiknya kurangi dosis penggunaan.

Semoga informasi ini dapat menbantu dan bermanfaat. Ditunggu komen dan sarannya ^^

3 Comments

  1. bisa beli di mana yah with hazel waternya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Natural Hut ada jual. Bisa dilihat di Tokopedia atau langsung hubungi saya di no telp atau add pin bbm atau kirim email.
      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. apakah di toko kimia biasa ada? mungkin dgn nama yg lebih familiar. thanks.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post