Conditioner Rambut Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Halo Pembaca,

Rambut bintang iklan shampoo di TV atau iklan perawatan rambut lainnya memang suka membuat iri. Membayangkan memiliki rambut hitam, panjang, kuat dan berkilau, pasti membuat kita langsung ingin memakai produk tersebut dengan harapan bisa memiliki rambut seperti bintang iklan TV.

perawatan rambut natural alami sabun natural conditioner


Sebenarnya produk-produk tersebut sebagian besar dibuat dari campuran bahan kimia, sedangkan bahan yang benar-benar bisa menutrisi rambut sangatlah sedikit. Untuk itu dalam artikel sebelumnya, juga sudah banyak dibagikan resep-resep perawatan rambut dengan bahan-bahan alami yang efektif untuk menyehatkan rambut.

Kali ini ada 3 resep conditioner alami yang bisa dipakai untuk membuat rambut lebih sehat, halus, dan mudah diatur:

Avocado Deep Conditioner 


perawatan rambut natural alami sabun natural conditioner

Bahan yang dibutuhkan:
4 sendok makan mayonnaise
1/2 buah alpukat

(bahan-bahan ini bisa ditambah disesuaikan dengan kuantitas rambut)

Cara Membuat:
Haluskan daging buah alpukat, lalu campurkan mayonnaise hingga menjadi adonan berwarna hijau. Gunakan sarung tangan plastik untuk mengoleskan adonan keseluruh bagian rambut. Tutup rambut dengan memakai plastik wrap atau topi mandi (shower cap) dan diamkan selama 20 menit.
Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, setelah menggunakan topi mandi atau plastik wrap, gunakan juga handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membungkus rambut.
Sisa conditioner disimpan dalam kulkas dan ditutup rapat. Lakukan perawatan ini 2x seminggu dan rasakan hasilnya dalam 3 bulan pemakaian.


Hot Oil Conditioner


perawatan rambut natural alami sabun natural conditioner

Bahan yang dibutuhkan:
1/2 gelas minyak zaitun
1/2 gelas air panas


Cara Membuat:
Masukkan kedua bahan tersebut dalam panci, lalu hangatkan dengan api kecil. Oleskan campuran kedua bahan pada rambut dalam kondisi kering. Pijat dengan lembut selama 5 menit, lalu bungkus rambut dengan handuk panas selama 15 menit. Setelah itu keramas seperti biasa dan bilas hingga bersih.
Cara ini bisa dilakukan setiap hari, tetapi jika repot lakukan 2 hari sekali. Dengan dicampurnya minyak zaitun dengan air bisa lebih mudah diserap oleh kulit kepala dan tidak terlalu berminyak untuk jenis rambut berminyak. Dengan conditioner ini rambut kering dan bercabang dapat teratasi, begitu juga dengan kulit kepala berketombe.


Coconut Honey Deep Conditioner 


perawatan rambut natural alami sabun natural conditioner

Bahan yang dibutuhkan:
4 sendok makan minyak kelapa (VCO)
2 sendok makan madu alami


Cara Membuat:
Campurkan kedua bahan dalam mangkuk atau gelas kecil. Panaskan air panas dalam panci sedang, dan letakkan gelas atau mangkuk yang berisi minyak kelapa dan madu ditengahnya. Diamkan hingga adonan menjadi hangat (kira-kira 1 menit), lalu oleskan pada seluruh bagian rambut. Bungkus rambut dengan handuk hangat selama 20 menit. Setelah itu keramas seperti biasa dan bilas hingga bersih.

Manfaat penggunaan handuk hangat bertujuan agar pori-pori kulit kepala terbuka dan mudah menyerap nutrisi dari bahan-bahan alami tersebut. Sehingga mendapatkan manfaat yang maksimal dari conditioner alami ini. Ketiga bahan bisa dibuat lebih untuk beberapa kali pemakaian dan sisanya disimpan dalam kulkas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post