Tips Melembabkan Kulit dan Mengatasi Jerawat Dengan VCO

Halo Pembaca,

Kelapa, tanaman yang sangat identik dengan pantai dan negara yang berada didaerah tropis seperti Indonesia. Bagi orang Indonesia, buah kelapa bukanlah buah yang sulit untuk didapat. Bahkan buah kelapa adalah buah multifungsi dimana seluruh bagian dari buah ini dapat dimanfaatkan. Airnya segar untuk diminum, dagingnya dapat dimakan atau diolah menjadi santan, batoknya bisa dijadikan alat masak atau kerajinan tangan dan sabutnya dapat digunakan untuk membersihkan piring atau barang lainnya.

perawatan kulit jerawat melembabkan minyak kelapa vco

Selain bisa diolah menjadi santan, daging buah kelapa yang sudah tua juga bisa menghasilkan minyak kelapa. Minyak kelapa ini terbukti lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan minyak goreng biasa. Tidak hanya untuk kesehatan saja, minyak kelapa juga banyak digunakan untuk perawatan kulit dan rambut.

perawatan kulit jerawat melembabkan minyak kelapa vco

Minyak kelapa memiliki SPF 4 dan kaya akan antioksidan untuk kulit. Minyak kelapa juga merupakan pelembab alami yang sangat baik, karena memiliki kandungan asam lemak yang mampu mempertahankan kelembaban kulit. Bukan itu saja, minyak kelapa sangat efektif untuk melawan jerawat karena kandungan antibakterinya yang sangat tinggi.


perawatan kulit jerawat melembabkan minyak kelapa vco

Ingin merasakan manfaat minyak kelapa dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan uang? Simak 4 resep dibawah ini dengan minyak kelapa sebagai bahan utamanya:


Pembersih Untuk Wajah Berjerawat

1 sendok makan Virgin Coconut Oil (VCO)
1 sendok teh madu (organik)
5 tetes sari lemon atau cuka apel
2-3 tetes minyak esensial lavender dan tea tree (tambahan)
Campurkan bahan-bahan diatas hingga merata, dan oleskan pada seluruh bagian wajah. Pijat lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih.
Dengan tambahan madu yang juga mengandung antibakteri membuat campuran ini sangat ampuh untuk melawan jerawat. Lemon atau cuka apel dapat membantu menghilangkan flek hitam dan minyak esensial lavender dan tea tree merupakan minyak esensial yang sangat ampuh melawan jerawat.

Masker Untuk Wajah Berjerawat

1 sendok makan madu (organik)
1 sendok makan plain yogurt
1 sendok makan VCO
1/2 sendok teh bubuk kunyit atau baking soda
2-3 tetes minyak esensial lavender dan tea tree (tambahan)
Tambahkan juga 1 sendok teh tepung umbi garut dan 5 tetes sari lemon, jika memiliki jenis kulit berminyak.
Masukkan semua bahan dalam mangkuk kecil, dan aduk hingga rata. Gunakan kuas atau alat pengaplikasi lainnya, oleskan pada seluruh wajah (atau punggung jika berjerawat). Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Scrub Wajah dan Tubuh

2 sendok makan VCO
2 sendok makan gula merah (brown sugar) atau gula pasir
1 sendok makan jus wortel atau jus jeruk
Untuk kulit berminyak tambahkan 1 sendok teh sari lemon dan sedikit garam.
Campurkan semua bahan, jika terlalu kental tambahkan sedikit susu atau jus pada adonan supaya lebih encer. Gunakan scrub ini untuk menggosok kulit tubuh dan wajah saat mandi.

Masker Pelembab

2 sendok makan VCO
1 sendok makan madu (organik)
1/2 buah alpukat (halus) atau 1 butir telur
Aduk-aduk hingga tercampur bahan-bahan tersebut lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Masker ini juga bisa digunakan untuk tubuh. Untuk pembuatannya cukup tambahkan dosis sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post