Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

By | 9:29 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Terik sinar matahari, seperti diketahui tidak baik untuk kulit, karena sinar UV-nya (Ultra Violet) dapat merusak jaringan kulit dan memicu timbulnya flek hitam pada kulit. Oleh karena itu dibutuhkan pelindung kulit dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan sunblock yang sudah tersedia atau dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

perawatan kulit natural alami

Tetapi terkadang kita tidak bisa menghindari resiko kulit yang terbakar akibat sinar matahari, walaupun sudah menggunakan sunblock. Berada dibawar terik sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang mengharuskan kita untuk mengoleskan sunblock diulang beberapa kali setelah selang beberapa waktu, dan hal ini terkadang terlupakan sehingga menyebabkan kulit terbakar. Jika mengalami masalah ini, berikut beberapa bahan alami yang mudah didapat dan bisa bermanfaat untuk membantu menyembuhkan kulit dari luka akibat paparan sinar matahari:

  • Aloe vera/Lidah Buaya

perawatan kulit natural alami

Lidah buaya bermanfaat untuk melindungi dan menghaluskan kulit dari iritasi kulit akibat paparan sinar matahari. Oleskan gel lidah buaya setelah mandi dan ulangi lagi beberapa kali dalam sehari. Gunakan terus gel lidah buaya ini sampai iritasi pada kulit memudar.

  • Teh Hijau atau teh hitam

perawatan kulit natural alami

Teh memiliki kandungan asam tannic dan theobromine yang dapat membantu mendinginkan kulit akibat terbakar sinar matahari. Selain itu didalam teh juga terkandung catechin yang dapatp membantu menangkal dan menyembuhkan kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Teh juga merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dibentuk oleh radiasi dari sinar UV.

  • Timun

perawatan kulit natural alami

Timun banyak dipakai untuk masker kulit, terutama untuk kulit berminyak, karena timun dapat mengurangi minyaka berlebih pada kulit dan mengontrol kelembaban kulit. Timun juga mampu mengecilkan kantung mata dan lingkar hitam pada mata. Sifat dingin pada timun juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakal akibat paparan sinar matahari. Selain itu, rutin menggunakan masker timun juga dapat mencerahkan warna kulit.

  • Witch hazel


perawatan kulit natural alami

Cairan ini di Indonesia tidak begitu dikenal. Witch hazel merupakan ekstrak dari tanaman yang bisa bermanfaat sebagai toner kulit. Selain itu witch hazel juga dapat membantu meredakan iritasi akibat paparan sinar matahari. Cara penggunaannya mudah, cukup basahi kapas dengan witch hazel ekstrak lalu oleskan pada bagian kulit yang terbakar. (Dapatkan witch hazel ekstrak murni disini)

Penggunaan bahan-bahan alami, tidak hanya membawa kebaikan positif bagi tubuh dan kulit, juga untuk kesehatan. Selain itu produk-produk alami juga dapat membantu mengurangi polusi akibat bahan-bahan kimia.

Semoga tips kali ini bisa membantu dan bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

0 Comment:

Post a Comment