Cara Alami Untuk Mengatasi Masalah Kutu Rambut

Halo Pembaca,

Saat kecil, mungkin saudara, teman atau bahkan kita sendiri pernah mengalami serangan dari kutu rambut. Jujur saja sewaktu kecil saya pernah terkena kutu rambut, karena tertular oleh teman. Sebenarnya tidak hanya anak kecil saja yang bisa tertular kutu rambut, tetapi orang dewasa juga bisa, hanya saja kasusnya tidak sebanyak anak-anak.

perawatan alami natural kutu rambut

Kutu rambut sebaiknya harus cepat diatasi sejak awal terserang. Karenanya orang tua harus waspada jika anak Anda mulai sering menggaruk kepala. Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi kutu rambut, obat khusus untuk mengatasi kutu rambut juga mudah ditemukan ditoko obat. Tetapi obat-obat tersebut karena memiliki banyak kandungan bahan-bahan kimia, dikhawatirkan dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut dengan bahan-bahan alami yang tentunya tidak berbahaya bagi anak-anak.

Minyak Zaitun

Siapkan 1/2 gelas minyak zaitun atau secukupnya, campurkan dengan 20 tetes minyak esensial Lavender, Tea tree atau minyak esensial lainnya yang dapat membunuh kutu-kutu tersebut. Oleskan keseluruh bagian kepala dan rambut. Bungkus dengan plastik wrap atau kain, (usahakan jangan sampai lepas saat tidur) selama semalaman. Keesokan harinya keramas dengan shampoo untuk membersihkan kepala dari sisa-sisa kutu rambut yang sudah mati.

Perawatan dengan Tea Tree Essential Oil


perawatan alami natural kutu rambut

Tea Tree Oil dapat membantu membunuh kutu rambut beserta telur-telurnya, juga dapat mencegah tertular kutu rambut dari teman disekitar. Jika tidak ingin mengoleskannya langsung, bisa dicampurkan dengan shampoo atau membeli shampoo tea tree.

Campuran air dengan cuka putih atau cuka apel


perawatan alami natural kutu rambut

Perbandingan yang digunakan antara air dengan cuka adalah 1:1. Setelah dicampurkan oleskan pada rambut setelah keramas. Selain dapat bermanfaat sebagai conditioner alami, juga dapat mengatasi kutu rambut. Setelah dioleskan pada rambut, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air agar kutu rambut yang sudah mati bisa terbuang.

Campuran minyak

Obat penghilang kutu rambut juga bisa dibuat sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, yaitu:
1/4 gelas minyak mustard/minyak biji sawi
1/8 gelas minyak neem
5 tetes minyak esensial tea tree
5 tetes minyak esensial eucalyptus
5 tetes minyak esensial rosemary
5 tetes minyak esensial lavender
Basahi rambut dengan cuka apel, lalu oleskan campuran minyak-minyak diatas dan diamkan selama semalam.Keramaslah seperti biasa dipagi harinya. Lakukan perawatan ini selama 5 hari berturut-turut untuk membersihkan kutu rambut dengan tuntas.

Alat catok


perawatan alami natural kutu rambut

Yang terakhir adalah menggunakan alat catok atau alat pelurus rambut. Dengan suhu panas dari alat ini dapat membunuh kutu rambut beserta telur yang bersarang di rambut. Setelah menggunakan alat catok pada seluruh rambut, gunakan sisir rampat untuk membuang sisa-sisa kutu rambut yang sudah mati.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

2 Comments

  1. formula herbal untuk jenis shampoo dan spray herbal pemberantas kutu rambut yang aman, efektif dan praktis tinggal semprot, aman untuk balita dan Orang dewasa, dan beraroma wangi dan segar, info 08129552734, 7EDAD999, http://www.shampoomadu.web.id/

    ReplyDelete
  2. Rambut yang indah dan cantik akan membuat kita semakin percaya diri, namun sangat menjengkelkan jika ada kutu rambut di dalamnya. Selain menyebabkan gatal dan kurang percaya diri, kesehatan dan keindahan rambutpun akan hilang bahkan menjadi rusak.
    Jika sudah demikian tentu akan membuat anda mencari Cara Menghilangkan Kutu Rambut beserta telurnya, baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan bahan modern dari dokter. Salah satunya bisa dengan menggunakan campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis. Dengan mengoleskan nya pada rambut setelah kedua bahan tersebut tercampur rata.
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
Previous Post Next Post