Dosis Saat Mencampur Minyak Esensial Dengan Carrier Oil

Halo Pembaca,

Mungkin ada banyak yang masih bingung dengan berapa banyak minyak esensial yang harus digunakan saat ingin dicampur dengan carrier oil. Sebenarnya hal ini tergantung pada kondisi kulit dan siapa penggunanya. Jika ingin digunakan pada anak-anak dan orang yang lanjut usia, dosis yang digunakan harus diminimalkan. Untuk orang dewasa bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan atau digunakan langsung tanpa campuran carrier oil.

perawatan natural minyak esensial natural hut

Mengetahui dosis yang tepat untuk mencampurkan minyak esensial sangat penting, supaya bisa mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dari berbagai sumber, berikut adalah dosis yang bisa digunakan untuk mencampur minyak esensial dengan carrier oil, disesuaikan dengan kondisi tubuh, dan usia pemakai.


Carrier Oil
Jumlah tetesan minyak esensial
1%
2%
3%
5%
10%
25%
5ml
1
2
3
5
10
25
10ml
2
4
6
10
20
50
15ml
3
6
9
15
30
75
20ml
4
8
12
20
40
100
25ml
5
10
15
25
50
125
30ml
6
12
18
30
60
150


Pencampuran 0.25%

Sama saja dengan menambahkan 1 tetes minyak esensial dalam 20ml carrier oil. Dosis ini cocok untuk digunakan pada balita usia 6 bulan hingga anak-anak usia 6 tahun. Tetapi sebaiknya hindari penggunaan minyak esensial pada anak-anak dengan usia yang terlalu dini, karena dapat mengakibatkan iritasi.


Pencampuran 1%

Campuran ini cocok untuk anak-anak usia 6 tahun keatas, orang dewasa, orang lanjut usia, dan kulit sensitif (tidak semua kulit sensitif cocok dengan dosis ini). Porsi ini juga cocok untuk campuran minyak pijat.


Pencampuran 2%

Dosis ini cocok untuk perawatan kulit harian dan kulit orang dewasa pada umumnya, yang tidak menderita masalah kulit khusus.


Pencampuran 3%

Cocok untuk penggunaan jangka pendek, misalkan saat mengalami gangguan kesehatan, luka otot, dan masalah pernafasan. Dosis ini bisa ditambah hingga pencampuran 10%, tapi tentu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kulit.


Pencampuran 25%

Jumlah pencampuran ini dapat digunakan pada kulit memar, kram otot dan untuk meredakan rasa nyeri yang hebat.

Minyak esensial tidak selalu harus dicampur dengan carrier oil, bisa juga langsung dioleskan pada kulit. Tetapi dengan syarat harus ditest dahulu pada area kecil pada kulit, untuk mengetahui reaksi yang timbul.

FYI: 1ml minyak esensial kurang lebih terdiri dari 20 tetes, dan 5ml minyak esensial = 100 tetes minyak esensial.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

2 Comments

  1. terimakasih, postingannya sangat bermanfaat. tapi untuk perbandingan jumlah minyak carier dan minyak esensialnya diambil dari sumber mana ya kak?

    ReplyDelete
  2. jika10 ml Carrier oil bearti 1 mil m.essensial gitu yah?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post