Tips Dasar Perawatan Kulit Kering

By | 5:37 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Seperti yang sudah kita ketahui, perawatan untuk setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda juga. Jenis kulit yang paling sulit perawatannya adalah jenis kulit sensitif, karena jenis kulit ini sangat rapuh dan mudah iritasi. Untuk mengetahui ciri-ciri jenis kulit Anda, silahkan buka kembali artikel dengan judul "Mengenal Jenis Kulit dan Ciri-cirinya".

perawatan kulit kering natural

Pembahasan kali adalah untuk jenis kulit kering. Bagi yang memiliki kulit kering dan merasa kurang percaya diri dengan adanya kulit wajah yang mengelupas, sehingga mengganggu penampilan. Perawatan untuk melembabkan kulit juga bisa dilakukan dari dalam, misalkan dengan mengkonsumsi alpukat, ikan salmon, kenari, minyak ikan, dan vitamin E. Selain itu, kurangi makan makanan yang digoreng, makanan yang terlalu asin, minuman beralkohol, dan kebiasaan merokok. Sebaiknya tambah asupan air mineral, buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kelambaban kulit.


perawatan kulit kering natural

Untuk perawatan kulit dari luar, agar kulit tidak semakin kering. Berikut beberapa tips dalam merawat kulit yang bisa dicoba untuk mengurangi dan mengatasi kekeringan kulit.

Jaga kelembaban kulit

Bagi orang yang memiliki jenis kulit kering, menjaga kelembaban kulit secara berkala adalah kunci utama. Selalu siapkan cream pelembab bersama Anda, jangan tunggu hingga kulit terasa kering baru mengoleskan pelembab. Apalagi jika tempat kerjanya full AC, kulit akan semakin mudah kering, biasakan diri untuk mengoleskan pelembab selama 1 jam sekali. Pelembab yang digunakan pun juga harus yang benar-benar bekerja. Carilah pelembab yang mengandung shea butter, cocoa butter. Jika ingin menggunakan pelembab yang benar-benar alami, cobalah alternatif minyak castor, VCO, minyak zaitun atau minyak almond.


Gunakan pelembab saat kulit 80% kering

Setelah mengeringkan kulit sesudah mandi, langsung oleskan pelembab dan biarkan kering dengan sendirinya, jangan keringkan lagi dengan handuk. Setelah kering, oleskan kembali pelembab pada bagian kulit yang masih terasa kering. Dengan demikian, kelembaban kulit akan lebih terjaga.


Jangan gunakan air panas

Dengan menggunakan air panas untuk mandi atau mencuci wajah, akan membuat kulit semakin kering, karena dapat mengikis minyak pelindung yang dihasilkan oleh kulit. Sebaiknya gunakan air suam-suam kuku dan jangan mandi terlalu lama.


Jangan terlalu sering mandi

Di Indonesia karena udara yang panas dan lembab, membuat kita mudah berkeringat dan kulit terasa lengket, sehingga sering ingin mandi. Tetapi jika memiliki jenis kulit kering, sebaiknya jangan mandi lebih dari 2x. Untuk mencuci wajah dengan facial foam juga sebaiknya hanya pada malam sebelum tidur, pagi hari cukup bilas dengan air saja.


Hindari scrubbing berlebih

Penggunaan scrub bermanfaat untuk mengangkat kulit mati, tetapi jika terlalu sering dilakukan dapat mengikis kulit pelindung yang ada di lapisan paling luar. Gunakan bahan scrub yang lembut, seperti oatmeal, kopi madu, dll. Untuk bagian kulit yang mengelupas, oleskan carrier oil agar kulit yang kering menjadi lebih mudah terkelupas, tetapi tetap terjaga kelembabannya.


Semoga tips kali ini bisa membantu dan bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

0 Comment:

Post a Comment