5 Essential Oil Terbaik untuk Kulit yang terbakar Sinar Matahari

By | 10:18 AM Leave a Comment
Haloo Pembaca..

Kalian sering keluar siang hari panas-panasan? sering terkena langsung sinar matahari yang menyengat atau bahkan lama-kelamaan merusak kulit?

Yap, kulit yang terbakar karna sinar matahari memnag menyakitkan. Eits.. tapi jangan kuatir ada sejumlah solusi yang tersedia untuk bantuan dari efek sengatan matahari yaitu dengan menggunakan minyak essential. Penggunaan minyak esensial untuk sengatan matahari membantu merawatnya secara alami sekaligus menjaga kulit Anda tanpa cela, bercahaya, dan menjadi kenyal. Minyak essential membantu meningkatkan kualitas kulit karena mengandung sifat anti-inflamasi, antiseptik, anti jamur, dan antibakteri.

Hari gini, banyak banget orang yang kulitnya rusak karna sinar matahari seringkali mengatasi nya dengan krim, salep, lotion, serta menjalani berbagai prosedur medis tapi yang kalian harus tau itu semua sangat dekat dengan efek samping dikemudian hari. Karena itu, salah satu obat alami dan paling aman adalah menggunakan minyak esensial untuk sengatan matahari.

Langsung aja yuk, kita lihat minyak essential apa aja sih yang berguna untuk mengatasi kulit yang terbakar karna sinar matahari...

1. Lavender Essential Oil
Sifat antijamur, antibakteri, dan kharminatif dari minyak esensial lavender sangat berguna dalam menyembuhkan sengatan matahari dan mengobati masalah kulit lainnya. Minyak esensial ini untuk bantuan sengatan matahari harus bersumber dari tempat yang terpercaya dan tidak boleh mengandung aditif apapun karena komponen sintetis dapat membuat sengatan matahari menjadi lebih buruk.
Cara menggunakan:
  • Campurkan setetes minyak esensial lavender ke dalam gel lidah buaya
  • Oleskan campuran itu ke daerah kulit yang terkena sinar matahari
  • Campur beberapa oatmeal dan 7-8 tetes minyak lavender dalam bak air hangat
  • Aduk lalu mandi dengan lembut dengan tangan Anda dan rendam di dalamnya
2. Sandalwood Essential Oil / Minyak essential Cendana
Minyak esensial cendana mengandung sifat pendinginan dan bisa digunakan untuk menenangkan peradangan sengatan matahari, menenangkan dan mendinginkan luka bakar, menyingkirkan kotoran yang tidak rata, dan menghilangkan kuman yang bisa menyebabkan infeksi.


Cara menggunakan:
  • Campurkan 1 tetes minyak esensial kayu cendana dan 1 tetes minyak esensial kunyit (karena memiliki khasiat antiseptik yang baik)
  • Kira-kira 30 gram minyak kelapa bersama-sama.
  • Oleskan campuran itu dengan lembut ke kulit yang terkena dampak untuk mendapatkan bantuan segera.
3. Frankincense Essential Oil / Kemenyan
Minyak essential Frankincense bekerja dengan sangat baik pada kulit kering dan kulit yang rusak akibat sinar matahari karena membantu meremajakannya dengan cara menghidrasi dan memberikan kelembaban yang diperlukan.
Cara menggunakan:
  • Minyak esensial Frankincense adalah tonik kulit yang hebat. Campurkan 1-2 tetes minyak ke gel lidah buaya dan oleskan dengan lembut pada area kulit yang terkena sengatan sinar matahari.
4. Peppermint Essential Oil
Minyak peppermint juga dikenal sebagai agen pendinginan alami dan mentol yang terkandung di dalamnya membantu rasa sakit akibat sengatan matahari. Minyak esensial peppermint membantu melembabkan dan mendinginkan kulit Anda segera karena terbakar sinar matahari. Minyak yang sangat ampuh ini harus selalu digunakan dalam bentuk encer.
Cara menggunakan:
  • Campurkan 1 tetes minyak esensial peppermint dan 1-2 sdt gel lidah buaya bersama-sama
  • Oleskan pasta dengan lembut di atas kulit yang rusak akibat sinar matahari untuk menenangkan luka bakar.

5. Minyak Essential Eucalyptus


Minyak ini membantu dengan cepat menghilangkan sengatan sinar matahari. Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang mengurangi sengatan sinar matahari dalam waktu singkat. Aplikasinya pada kulit yang terbakar sinar matahari mematikan rasa sakitnya, sehingga memberi efek menenangkan dengan kebaikan mentolasinya. Sifat antibakterinya juga melindungi kulit yang sensitif dan terbakar sinar matahari dari infeksi.
Cara menggunakan:
  • Tambahkan dua tetes minyak kayu putih dan 1 sdt gel lidah buaya murni ke dalam secangkir air
  • Tuangkan campurannya ke dalam botol bersih.
  • Semprot di daerah yang terkena sengatan sinar matahari
  • Pastikan untuk membaca solusinya dengan benar sebelum menggunakannya.
  • Cara lain untuk menggunakannya adalah dengan merendam handuk di air yang mengandung 4-5 tetes minyak kayu putih dingin dan dengan lembut oleskan daerah yang terkena dengan handuk untuk mendapatkan bantuan segera.

Perhatian: Penggunaan minyak esensial untuk mengobati sengatan matahari adalah cara yang efektif dan andal. Kulit yang rusak akibat sinar matahari menjadi sangat sensitif, dibutuhkan waktu sendiri untuk sembuh karena merawat sengatan matahari dengan minyak esensial adalah proses penyembuhan alami. Oleh karena itu, tahan terhadap aplikasi minyak esensial, pada kulit yang terbakar matahari karena hal ini dapat memperburuk kondisi. Anda juga harus berbicara dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial untuk mengatasi sengatan sinar matahari.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.
Terimakasih Pembaca...:)