Oil Untuk Mengatasi Stretch Mark

By | 2:57 PM Leave a Comment
Stretch mark adalah masalah kulit yang dialami hampir setiap wanita. Stretch mark terbentuk karena terjadi peregangan pada kulit sehingga muncul guratan-guratan halus yang lama-kelamaan berubah warna menjadi putih. Meskipun tidak mengganggu kesehatan, namun stretch mark sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ladies bisa menggunakan beberapa minyak alami berikut ini:

1. Minyak Zaitun



Minyak zaitun atau olive oil dikenal sebagai pelembab efektif yang kaya antioksidan dan nutrisi. Pemakain minyak zaitun dalam keadaan hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi pada kulit lebih dalam.
Oleskan minyak zaitun hangat untuk memijat daerah yang terkena stretch mark. Hal ini membantu mempercepat sirkulasi darah di area stertch mark. Setelah itu biarkan selama satu jam agar kandungan vitamin minyak zaitun terserap ke dalam kulit. Lakukan langkah ini selama satu minggu untuk hasil yang efektif.



2. Minyak Almond

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi minyak almond pahit dan pijatan mampu mengurangi penyebaran stretch mark pada wanita hamil.
Manfaat lain minyak almond untuk stretch mark adalah bahwa minyak almond mengandung vitamin E yang mendorong produksi kolagen dan elastin pada kulit.
Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak almond pada bagian yang terkena stretch mark (perut, paha, dan sebagainya). Ratakan dengan gerakan melingkar hingga minyak almond benar-benar terserap ke kulit.



3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni, atau yang dikenal dengan virgin coconut oil memiliki struktur molekul kecil yang mudah diserap kulit sehingga sel-sel kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkan dan dapat mendorong proses pergantian jaringan kulit yang rusak dengan sel yang baru. Sehingga membantu menghaluskan, melembutkan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjaga kelembaban kulit.
Minyak kelapa mengandung antioksidan tingkat tinggi yang melindungi kulit. Kandungan vitamin E minyak kelapa membantu menyembuhkan dan mengurangi garis-garis halus pada kulit, bekas luka, dan stretch mark.
Pertama, pijat daerah stretch mark dengan minyak kelapa yang telah dihangatkan. Kemudian taburkan butiran gula pada daerah tersebut dan gosok dengan potongan lemon/jeruk nipis. Ulangi perawatan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Minyak Castor

Minyak jarak, yang digunakan untuk perawatan kulit seperti kerutan, tanda penuaan, kutil, flek hitam, garis halus dan komedo dapat digunakan juga untuk stretch mark.
Di India, pasca melahirkan ibu akan dipijat dengan menggunakan minyak jarak dan dilanjutkan dengan mandi air hangat. Cara tradisional ini juga bisa digunakan wanita modern untuk menghilangkan stretch mark. Minyak jarak bersifat melembabkan dan membantu menghilangkan keriput.