Homemade Serum Natural Untuk Perawatan Rambut

Halo Pembaca,

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut. Mulai dari perawatan di salon, penggunaan vitamin rambut, hingga membuat perawatan sendiri di rumah. Untuk perawatan rumah, memang lebih repot dan hasil yang didapat tidak seinstant jika melakukan perawatan di salon. Tetapi jauh lebih ramah lingkungan dan lebih aman karena tidak memakai tambahan kimia.


perawatan rambut natural alami serum rambut

Bagi Anda yang suka memakai serum rambut, sekarang bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah dan semua bahan yang dibutuhkan dapat dibeli dengan mudah. Mari kita mulai!

perawatan rambut natural alami serum rambut

Serum Untuk Rambut Berminyak


perawatan rambut natural alami serum rambut

Jenis rambut berminyak tentu cenderung mudah lepek, karena minyak yang diproduksi oleh kulit kepala melebihi batas normal. Untuk rambut jenis ini minyak yang cocok digunakan sebagai bahan utama serum ini adalah minyak kelapa dan minyak jojoba. Kedua minyak ini memiliki konsistensi yang cukup encer dan tidak lengket, sehingga cocok untuk digunakan pada rambut dan kulit kepala yang berminyak. Untuk mengurangi minyak berlebih yang membuat rambut mudah lepek, tambahkan minyak esensial lemon, peppermint atau geranium untuk mengontrol produksi minyak dan menormalkannya kembali.
Langkah pembuatan serum ini cukup mudah, hanya dengan mencampurkan 100ml minyak kelapa atau minyak jojoba dengan 1ml - 2ml minyak esensial yang Anda sukai lalu aduk hingga rata. Simpan dalam botol gelap, simpan di tempat teduh.
Gunakan serum ini setelah keramas. Jika Anda tidak ingin rambut terlihat lepek, gunakan serum ini sebelum tidur. Pijat-pijat dengan lembut agar terserap dengan baik oleh kulit kepala.

Serum Untuk Rambut Kering


perawatan rambut natural alami serum rambut

Bagi yang memiliki jenis rambut kering, bercabang dan mudah patah, bahan utama untuk serum rambut Anda adalah minyak jarak (castor oil). Minyak jarak memiliki konsistensi yang agak kental, sehingga dapat lebih melembabkan rambut.
Campurkan 100ml castor oil dengan 1ml - 2ml minyak esensial rosewood atau lavender. Aduk hingga tercampur rata dan simpan dalam botol gelap, letakkan ditempat teduh. Jika hanya memakai castor oil dirasa terlalu kental, campurkan dengan sedikit minyak kelapa, 80ml minyak castor dengan 20ml minyak kelapa untuk mendapatkan konsistensi yang lebih encer.
Gunakan serum ini secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa bulan kedepan.

Anda bisa menggunakan serum yang terbuat dari bahan-bahan natural ini 2-3 kali dalam seminggu untuk menutrisi dan melindungi rambut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post