Membuat Hand Sanitizer Dengan Bahan Alami

Halo Pembaca,

Semenjak maraknya berbagai macam flu, seperti flu burung, flu babi, flu H1N1, sars, dan berbagai flu lainnya. Beberapa tahun belakangan ini jika pergi ke pusat perbelanjaan banyak ditemui orang-orang yang membawa gantungan kecil di tas mereka, yang tidak lain adalah gel atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Tujuan utama dari hand sanitizer ini adalah untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tangan, dan biasanya dipakai sebelum menyantap makanan. 


perawatan alami natural hand sanitizer homemade sabun natural

Tetapi kekurangan dari hand sanitizer ini adalah selain kandungan alkoholnya yang tinggi sehingga membuat kulit tangan menjadi kering, juga terdapat berbagai macam bahan kimia yang jika terlalu sering pemakaiannya dapat membayakan kesehatan tubuh. Selain itu jika penggunaannya terlalu sering bakteri-bakteri bisa menjadi kebal dan hand sanitizer tidak lagi bermanfaat.

Bagi Pembaca yang ingin membuat sendiri hand sanitizer, karena khawatir akan bahan-bahan yang mungkin kurang aman digunakan untuk anak-anak dan dapat mengikis kelembaban kulit tangan karena adanya kandungan alkohol tinggi. Anda bisa membuat sendiri dirumah hand sanitizer yang alami. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok teh alkohol atau bisa diganti dengan witch hazel
  • 1/2 sendok teh gliserin (tambahan)
  • 1/4 gelas gel lidah buaya
  • 1ml atau 20 tetes ekstrak biji Grapefruit (jeruk yang dagingnya berwarna merah keunguan)

perawatan alami natural hand sanitizer homemade sabun natural

  • 10 tetes minyak esensial kayu manis
  • 10 tetes minyak esensial tea tree
  • Air suling
  • Minyak esensial lain yang disukai untuk tambahan


Cara membuatnya juga cukup mudah. Setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, campurkan gel lidah buaya, gliserin, dan alkohol dalam 1 mangkok kecil. Lalu tambahkan ekstrak biji jeruk bali, minyak esensial kayu manis, minyak esensial tea tree dan minyak esensial lainnya yang sudah dipilih. Aduk semua bahan tersebut sampai semuanya tercampur, terakhir tambahkan air suling sedikit demi sedikit sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.


perawatan alami natural hand sanitizer homemade sabun natural

Setelah itu tuangkan ke dalam botol plastik kecil dan siap untuk digunakan. Jika Anda ingin membuatnya dalam jumlah yang lebih banyak cukup tambahkan takaran sesuai jumlah yang Anda inginkan.

Semoga artikel kali dapat bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

3 Comments

  1. Bisa awet berapa lama kalau untuk hand sanitizer alami ini?

    ReplyDelete
  2. Gel lidah buaya yang 100% dan non alcohol bisa di dapat dimana ya? atau cara membuatnya bagaimana, apakah dari lendir lidah buaya saja?

    ReplyDelete
  3. ternyata daun kersen dapat diinovasikan menjadi hand sanitizer loh, link di bawah akan menjelaskan lebih detail :
    http://news.unair.ac.id/2017/07/11/ditawarkan-hand-sanitizer-berbasis-natural-protection-dari-daun-kersen/

    ReplyDelete
Previous Post Next Post