Membuat Sendiri Bedak Foundation Natural

Halo Pembaca,

Penggunaan kosmetik memang harus disesuaikan dengan jenis kulit. Kita juga harus pintar-pintar memilih kosmetik yang aman, bebas dari bahan kimia yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Sebenarnya sudah mulai banyak merk-merk kosmetik yang menawarkan produk dengan bahan-bahan yang aman tanpa bahan kimia toksik berbahaya. Tetapi sayangnya kosmetik-kosmetik seperti itu harganya cukup tinggi yang membuat sebagian orang menjadi berpikir 2x untuk membelinya.


perawatan natural kulit bedak foundation natural


Kosmetik yang paling sering dipakai sehari-hari biasanya adalah lipstik, lip tint, foundation, BB cream dan sun block. Pernahkan terpikir oleh Anda untuk membuat sendiri kosmetik di rumah? Selain tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda juga lebih tenang untuk menggunakannya karena Anda tahu bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut. Dari beberapa kosmetik yang bisa dibuat sendiri, sebelumnya saya sudah pernah sharing tentang cara membuat lip tint. Kali ini saya akan berbagai tentang resep membuat bedak foundation yang sangat mudah.


perawatan natural kulit bedak foundation natural

Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat bedak foundation ini adalah


1-2 sendok makan tepung umbi garut
1-2 sendok makan cocoa powder (tanpa pemanis)


perawatan natural kulit bedak foundation natural

Campurkan kedua bahan diatas (masing-masing 1 sendok makan), lalu oleskan pada pergelangan tangan dengan menggunakan kuas untuk melihat apakah warnanya sudah cocok dengan warna kulit wajah Anda. Jika terlalu gelap tambahkan tepung umbi garut dan jika ingin lebih gelap tambahkan cocoa powder.


Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan alami untuk mendapatkan warna yang benar-benar sesuai dengan skin tone. Apa itu skin tone? Kalau diterjemahkan dengan google translate artinya adalah warna kulit. Tetapi setelah saya carai-cari lebih jauh, skin tone adalah lapisan warna di bawah kulit yang memancarkan warna pada permukaan kulit dan warna ini tidak bisa berubah.

perawatan natural kulit bedak foundation natural

Berikut bahan alami lain yang bisa ditambahkan sesuai dengan skin tone Anda:

- Cool skin tone

perawatan natural kulit bedak foundation natural

Untuk mendapatkan bedak foundation yang sesuai dengan cool skin tone tambahkan bentonite clay. Jenis tanah liat yang berwarna hijau keabu-abuan.

- Warm skin tone

perawatan natural kulit bedak foundation natural


Campurkan bubuk kayu manis halus. Tambahkan sedikit demi sedikit. Komposisi bubuk kayu manis ini tidak boleh melebihi bahan utama bedak foundation ini, karena jika terlalu banyak dapat membuat kulit iritasi.

Jika Anda lebih suka dengan foundation cair, tinggal tambahkan minyak zaitun, minyak almond, jojoba oil atau minyak kelapa murni (VCO). Tambahkan sedikit demi sedikit sampai adonan mengental dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

4 Comments

  1. Bisa disimpan brp lama min? Ada alternatif ngga utk memperpanjang daya tahan nya?

    ReplyDelete
  2. D mna bisa daptkn tepung umbi garut...?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post