Resep Membuat Shampoo Kering Agar Rambut Lepek Tampak Bersih

Halo Pembaca,

Banyak pakar perawatan rambut yang menyarankan untuk tidak keramas setiap hari. Mereka menyarankan untuk mencuci rambut setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Tetapi untuk beberapa orang yang rambutnya mudah berminyak, mau tidak mau harus keramas setiap hari agar rambut tidak lepek. Lalu bagaimana jika tidak sempat keramas, tetapi tidak ingin keluar dengan rambut lepek? Solusinya adalah dengan memakai shampoo kering dan shampoo spray.


perawatan rambut natural alami shampoo kering sabun natural


Shampoo Kering



perawatan rambut natural alami shampoo kering sabun natural

Konsep dasar dari shampoo kering ini adalah menggunakan bahan alami penyerap minyak pada bagian rambut yang berminyak, agar rambut tampak bersih seperti biasa. Dengan adanya shampoo kering ini, Anda dapat menghemat banyak waktu.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat shampoo kering ini adalah tepung (pati) umbi garut dan tepung maizena. Kedua tepung ini mampu menyerap minyak dari rambut dan membuat rambut terlihat lebih bersih. Untuk membuat shampoo kering ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

2 sendok makan cocoa powder
2 sendok makan tepung umbi garut atau tepung maizena
5 tetes minya esensial yang disukai (tambahan)


Campurkan hingga merata semua bahan yang sudah Anda siapkan dan masukkan kedalam tempat bedak tabur bekas yang sudah dibersihkan atau toples kecil. Untuk menggunakannya Anda bisa memakai kuas make up bekas untuk ditaburkan pada rambut dan akar rambut yang berminyak. Atau jika Anda menggunakan tempat bedak bayi, langsung taburkan lalu sisir supaya merata.


perawatan rambut natural alami shampoo kering sabun natural


Shampoo Spray



perawatan rambut natural alami shampoo kering sabun natural

Hampir sama seperti shampoo kering, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung umbi garut dan tepung maizena. Hanya saja dalam shampoo spray ini ada tambahan alkohol, vodka atau witch hazel yang juga berfungsi menyerap minyak pada rambut dan tetapi mudah menguap, sehingga tidak akan meninggalkan rambut dalam kondisi lembab.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat shampoo spray ini adalah

1 gelas air hangat
1/4 gelas tepung umbi garut atau tepung maizena
1/4 gelas alkohol atau vodka atau witch hazel
Minyak esensial atau parfum untuk aroma


Gunakan gelas yang memiliki bibir lancip untuk mencampur semua bahan-bahan, untuk mempermudah sewaktu menuang campuran shampoo ke dalam botol spray. Kocok sebelum dipakai dan semprotkan pada rambut yang berminyak.

Dengan adanya shampoo kering dan shampoo spray ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot harus keramas setiap hari. Shampoo ini sangat cocok bagi ibu-ibu muda yang harus mengurus bayi sendiri dan tidak dapat lama-lama meninggalkan bayinya.

Semoga tips kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

3 Comments

  1. selain menggunakan cocoa powder, bisa diganti dengan bahan yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain dengan cocoa powder bisa juga dengan bubuk kopi halus. Tapi karena aroma kopi agak kuat, jadi lebih banyak yang menggunakan cocoa powder. Terima kasih

      Delete
  2. cocoa powdernya bisa diganti dengan bahan yang lain?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post