Ketahui 4 Penyebab Munculnya Lingkar Hitam Bawah Mata

Halo Pembaca,

Menjaga penampilan adalah salah satu hal yang paling penting baik itu bagi kaum pria maupun wanita. Dengan penampilan yang bersih, rapih, wajah yang cerah, dan menarik, tentu akan meninggalkan kesan yang positif dan baik dimata orang lain. Tetapi terkadang pola hidup yang kurang sehat dan kesibukan yang padat dapat mempengaruhi penampilan. Efek samping yang biasa ditemui rata-rata akan bermunculan diwajah dan sangat mengganggu penampilan, salah satunya adalah bayangan hitam dibawah mata atau under eyes dark circle. Efek gelap dibawah mata ini membuat wajah tampak lebih tua dan tidak bersemangat.



perawatan kulit lingkar hitam bawah mata

Lingkar hitam pada mata memang bisa ditutupi dengan make up. Tetapi jika kondisi kulit wajah berjerawat dan memiliki pori-pori besar akan menyulitkan untuk selalu menutupi lingkar hitam dengan make up tebal. Oleh karena itu perlu perawatan khusus untuk menghilangkan lingkar hitam tersebut dan mengubah pola hidup yang menjadi penyebab munculnya lingkar hitam mata.

perawatan kulit lingkar hitam bawah mata

Berikut alasan-alasan penyebab munculnya bayangan hitam dibawah mata yang mengganggu penampilan.


Alasan Pertama: Kualitas tidur yang buruk dan Insomnia


perawatan kulit lingkar hitam bawah mata

Hal ini bisa menyebabkan lingkar hitam mata karena disaat malam hari dimana mata kita seharusnya rileks dan butuh istirahat yang cukup, tetapi tetap terjaga. Sehingga peredaran darah pada bagian bawah mata menjadi terganggu akibat kurangnya oksigen, lalu menimbulkan bayangan gelap dibagian bawah mata. Bayangan gelap ini tampak jelas karena kulit di area tersebut cenderung tipis.

Alasan Kedua: Stress dan Tekanan Pikiran

Stress ini tidak selalu dikarenakan dari padatnya aktifitas sehari-hari, tetapi juga bisa berasal dari seringnya kita menonton televisi, komputer, pad atau smartphone. Aktifitas ini jika dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama akan membuat otot-otot mata menjadi tegang dan stress sehingga mata mudah lelah dan menjadi kering. Inilah yang menyebabkan munculnya bayangan hitam dibawah mata. Tekanan pikiran juga bisa menjadi salah satu penyebab karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Alasan Ketiga: Paparan Sinar UV dari Matahari

perawatan kulit lingkar hitam bawah mata

Saat keluar rumah kulit kita rawan terkena sinar ultra violet dari matahari. Sinar matahari langsung dapat mengakibatkan timbulnya bayangan hitam bawah mata. Karena itu sebaiknya gunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Alasan Keempat: Bertambahnya Usia

Dengan semakin bertambahnya usia, kekenyalan kulit akan berkurang sehingga menjadi kendur. Semakin menurunnya kualitas kulit menjadikan kulit lebih tipis dan semakin rentan terhadap pengaruh buruk lingkungan yang menjadi penyebab munculnya lingkar hitam bawah mata. Untuk mempertahankan atau setidaknya memperlambat penurunan kualitas kulit, diperlukan adanya persiapan sejak usia muda. Rajin merawat kulit adalah salah satu solusi utama yang bisa dilakukan.

Melalui tulisan diatas, diharap dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Pembaca. Sehingga pembaca dapat tampil lebih segar dan berenergi setiap hari ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~


2 Comments

  1. Ada tips untuk menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata atau menghilangkan kantong mata?

    ReplyDelete
  2. Ada tips untuk menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata atau menghilangkan kantong mata?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post