Merawat Kulit dan Rambut Dengan Lavender Essential Oil

By | 3:28 PM 1 comment
Halo Pembaca,

Lavender adalah salah satu dari sekian banyak jenis minyak esensial yang penggunaannya cukup luas, dari fungsi sebagai pengharum sampai kesehatan. Lavender juga sangat identik dengan warna ungu, dengan harum bunga yang segar dan menenangkan.


Minyak esensial Lavender dalam aromaterapi bisa memberikan efek menenangkan pikiran, rileks, mengurangi stress atau beban pikiran. Aromaterapi dengan minyak lavender juga bisa membantu saat tubuh sedang dalam kondisi flu atau kurang fit atau saat mengalami nyeri haid. Selain dengan lilin aromaterapi, campurkan minyak lavender dengan air hangat dalam mangkok kecil, lalu panaskan dengan lilin.


Lavender memiliki fungsi sebagai antiseptik, dahulu banyak digunakan dalam bidang kedokteran untuk membersihkan luka. Seiring perkembangan, minyak lavender juga dinyatakan ampuh untuk perawatan kulit terhadap jerawat. Lavender juga dapat menghilangkan bekas luka, dengan kata lain juga dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah dan tubuh.


Jika Anda suka dengan harum minyak lavender dan ingin mendapatkan manfaatnya untuk rambut, tambahkan 1-2 tetes dalam shampoo saat keramas atau setelah membasahi rambut campurkan 3 tetes minyak lavender dengan air sebanyak 1 tutup botol, oleskan pada kulit kepala diamkan 2 menit lalu bilas hingga bersih. Lavender dapat mengurangi ketombe dan menjaga kulit kepala agar tidak kering dan tetap sehat.


Setelah seharian beraktfitas, untuk membuat rileks tubuh, tambahkan 6-8 tetes minyak lavender dalam air bathtub untuk berendam. Atau bisa hanya merendam kaki atau tangan saja, tambahkan 4-6 tetes dalam ember lalu rendam kaki atau tangan selama 10 menit. Jika dilakukan secara rutin, selain menghilangkan rasa pegal, kulit yang kering, pecah-pecah dan kasar pun akan kembali halus.


Lavender juga ampuh untuk mengobati luka bakar ringan termasuk yang dikarenakan oleh sinar matahari. Oleskan sedikit minyak lavender pada bagian yang terluka, atau campur dengan minyak bekatul beras. Minyak bekatul beras juga baik untuk luka bakar dan mampu melindungi kulit dari sengatan langsung sinar matahari.

Hindari penggunaan minyak lavender bagi ibu hamil, penderita epilepsi, dan demam. Kurangi dosis untuk pemakaian pada anak-anak dan orang lanjut usia.

Semoga informasi ini membantu, ditunggu komen dan sarannya ^^

1 comment: Leave Your Comments

  1. I so love the scent of lavender
    it is so soothing
    and it really relaxes me.

    http://roomsofinspiration.blogspot.com

    ReplyDelete