Perawatan Wajah dengan Uap atau Steam Facial Treatment

By | 12:10 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Perawatan kulit, terutama wajah selalu menjadi prioritas utama bagi sebagian besar wanita, dan pria pun sekarang mulai menganggap penting perawatan kulit. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan bersih, seperti perawatan skin care center, dokter kulit, dan perawatan rumah.


Perawatan melalui skin care center dan dokter kulit adalah solusi terbaik, karena ditangani oleh orang yang berpengalaman, bahan-bahan yang dipakai terjamin kualitasnya dan tidak repot. Tetapi perawatan ini memakan biaya yang tidak sedikit dan terkadang membuat kita sulit lepas dari perawatan yang diberikan.

Perawatan rumahan yang natural sebenarnya juga tidak kalah dengan skin care center dan dokter kulit, asalkan cara penggunaannya tepat, sesuai dengan jenis kulit, dan dilakukan secara teratur. Salah satu perawatan kulit yang bagus dan dapat dilakukan dirumah adalah uap. Perawatan ini dapat membersihkan wajah sampai ke pori-pori, karena uap panas akan membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran didalamnya. Perawatan ini dapat membersihkan komedo (blackhead) dan debu, baik itu debu polusi atau abu vulkanik Gunung Kelud yang sekarang ini cukup mengkhawatirkan, khususnya untuk Jawa bagian Timur dan Tengah.



Langkah 1, bersihkan terlebih dahulu wajah seperti biasa, bisa dengan sabun natural atau facial foam, atau bisa menggunakan scrub wajah yang lembut.

Langkah 2, siapkan air panas dalam ember dengan ukuran agak lebih besar dari kepala kita, handuk ukuran sedang, minyak esensial (optional).

Langkah 3, tambahkan 5 tetes minyak esensial yang diinginkan kedalam air panas, untuk komedo atau jerawat tambahkan tea tree atau lavender. Untuk melancarkan pernafasan tambahakan peppermint atau eucalyptus.

Langkah 4, dekatkan wajah sekitar 30cm dari ember dan jaga jarak, supaya kulit tidak melepuh. Tutup kepala dengan handuk. Biarkan uap mengenai kulit selama 2 menit, istirahat sebentar (3-5 detik) lalu ulangi lagi sebanyak 5x.


Langkah 5, jika ingin menyudahi, bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori lalu jangan lupa pakai pelembab untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari perawatan uap ini. Bisa juga menggunakan masker dahulu sebelum memakai pelembab, misalnya masker oatmeal, madu dan air hangat atau masker lainnya yang diinginkan, lalu bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab.

Hindari perawatan uap ini jika kulit sedang mengalami iritasi, eksim atau jerawat parah, karena dapat memperparah kondisi pada kulit yang rapuh. Jangan juga gunakan uap dari humidifire, karena uap tersebut bisa membuat kulit keriput.

Semoga bermanfaat, ditunggu komen dan sarannya :)

0 Comment:

Post a Comment