Jenis-jenis Jerawat yang Perlu Diketahui

By | 9:43 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dan banyak dialami oleh banyak orang. Penyebab timbulnya jerawat cukup beragam, bisa dikarenakan hormon yang biasa ditemui pada anak-anak remaja atau saat wanita mau memasuki periode bulanan. Penyebab lainnya adalah pengaruh debu dan kotoran yang menempel dikulit sehingga menyebabkan jerawat, atau bisa juga karena asupan makanan yang tidak tepat dan kurangnya asupan air dalam tubuh.


perawatan kulit wajah jerawat alami natural sabun natural komedo

Walaupun cukup familiar dengan jerawat, tetapi sebagian besar dari kita kurang mengetahui jenis-jenis jerawat. Hal ini cukup penting untuk diketahui, karena berbeda jenis jerawat, berbeda pulalah cara perawatan dan obat yang harus dipakai. Semua tak bisa disamaratakan karena penyebab dan perlakuannya juga harus berbeda. Secara umum jerawat dibagi menjadi dua jenis:


1. Jerawat yang tidak menyebabkan peradangan: komedo hitam dan komedo putih


Baik komedo hitam maupun komedo putih sebenarnya adalah jenis jerawat yang terdiri dari minyak, sel-sel kulit mati, debu dan kotoran yang tersimpan di dalam pori-pori. Tidak menyebabkan peradangan maupun kemerahan.

perawatan kulit wajah jerawat alami natural sabun natural komedo

Komedo hitam


Jika pori-pori Anda membesar, kemudian ada titik-titik hitam di sana, inilah komedo yang disebabkan oleh kotoran yang terperangkap. Meskipun Anda berpikir ia mudah dibersihkan, namun sebenarnya mereka tinggal di dalam pori-pori dan scrub saja tak cukup membantu mengangkatnya.

Komedo putih


Komedo putih adalah jenis komedo tertutup yang tinggal di balik lapisan pori. Cara mengatasinya adalah menjaga keseimbangan minyak pada kulit.

2. Jerawat yang menyebabkan peradangan

Peradangan jerawat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespon bakteri dan minyak yang terperangkap di dalam folikel rambut. Tingkat peradangan umumnya ditunjukkan dengan ukuran, kemerahan dan rasa nyerinya.
Berdasarkan tingkat peradangannya, jerawat jenis ini dibagi lagi menjadi tiga:

perawatan kulit wajah jerawat alami natural sabun natural komedo

Papula


Jenis jerawat dengan ukuran kecil, berwarna merah muda dan kemerahan. Benjolannya berbentuk kubah dan seringkali nyeri ketika disentuh.

Pustula


Jenis jerawat yang memiliki mata berwarna kuning atau putih dengan dasar kemerahan. Pistula ini menangkap banyak minyak dan bakteri di dalam pori-pori, kemudian sel-sel darah putih terkumpul untuk melawan infeksi. Semakin besar peradangannya, semakin merah warnanya, dan akan semakin nyeri rasanya.

Nodul


Adalah jenis jerawat besar dan padat, yang paling menyakitkan rasanya. Di dalamnya terdapat cairan yang terdiri dari sel-sel darah merah, sel darah putih, minyak dan bakteri. Pengobatannya bisa berbulan-bulan dan meninggalkan luka permanen.

Apapun jenis jerawat yang menyerang, sebaiknya jangan gunakan tangan untuk memencet atau mengelupas jerawat, karena akan membuat kondisi jerawat tersebut semakin parah (terutama untuk jenis jerawat yang meradang). Gunakan perawatan yang alami untuk mengatasi jerawat, seperti penggunaan minyak esensial tea tree, pembersih wajah natural, pelembab dan toner yang natural juga. Semakin sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia, bisa jadi kondisi jerawat dapat semakin parah. Atau konsultasikan pada dokter spesialis untuk perawatan kulit.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat ya...^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Sumber

0 Comment:

Post a Comment