Hal-hal Sepele Yang Dapat Mengakibatkan Kerontokan Rambut

By | 10:26 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Kerusakan pada rambut bisa diakibatkan oleh banyak hal, misalnya sering mewarnai rambut, mengeriting, bonding, dll. Kerusakan terjadi karena rambut terlalu sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia yang dapat membuat rambut kering, mudah patah, bercabang dan bahkan bisa berujung pada kerontokan.

perawatan rambut natural alami sabun natural

Mengalami kerontokan rambut, menurut saya adalah hal yang menakutkan. Apalagi jika sudah sampai terlihat jumlah rambut mulai menipis. Bagi wanita, pengalaman rambut menipis bagaikan mimpi buruk. Walaupun sekarang sudah banyak produk penumbuh rambut dan teknik medis yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut, akan tetapi tetap "mencegah lebih baik dari pada menyembuhkan".

perawatan rambut natural alami sabun natural

Kerontokan rambut sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh pengaruh zat-zat kimia. Tetapi kesalahan dalam perlakuan terhadap rambut juga bisa mengakibatkan kerontokan. Berikut adalah hal-hal sepele yang biasa dilakukan, tetapi dapat mengakibatkan kerontokan:

perawatan rambut natural alami sabun natural

Menggunakan air panas saat keramas

Jika Anda termasuk orang yang suka mandi dengan air panas, sebaiknya buang kebiasaan ini. Menurut penelitian air panas dapat merusak akar rambut, membuat rambut kering dan rapuh. Sehingga memicu kerontokan dan penipisan rambut.

Malas Keramas

Saat rambut mulai berminyak karena belum keramas, jumlah kerontokan terbukti meningkat. Selain itu saat rambut berminyak akan lebih banyak kotoran dan debu yang menempel dan mengendap pada kulit kepala yang bisa mengakibatkan ketombe dan tersumbatnya folikel rambut. Penyumbatan folikel rambut dapat membuat rambut sulit tumbuh. Setidaknya dalam 1 minggu cuci rambut sebanyak 3-4x agar rambut tetap bersih dan mengurangi kerontokan.

Kebiasaan yang kurang tepat saat mengeringkan rambut

Hindari menggunakan sikat, sisir atau menggosok dengan handuk kering saat rambut dalam keadaan basah. Alasannya, pada saat basah, kutikula pelindung rambut melunak sehingga berada dalam kondisi paling rapuh dan mudah rontok. Karena itu setelah keramas, cukup bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 20 menit, lalu gunakan hair drier yang memiliki pilihan cool air untuk mengeringkan rambut.

Menggunakan alat pemanas rambut

Terlalu sering menggunakan alat-alat pemanas seperti hair drier, alat catok, dll membuat rambut mudah rusak dan rontok. Pada saat rambut dipanaskan lapisan pelindung rambut akan terpengaruh sehingga nutrisi yang ada pada rambut juga akan berkurang sehingga memicu kerontokan.
Jika pekerjaan atau kondisi lingkungan mengharuskan pemakaian alat pemanas untuk menata rambut, sebaiknya rajin-rajin melakukan perawatan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

Semoga artikel hari ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Sumber

0 Comment:

Post a Comment