Tips Membersihkan Kutek Dengan Pembersih Alami

Halo Pembaca,

Banyak wanita yang suka mempercantik diri dengan mengenakan perhiasan, memoles make up dan memakai pewarna kuku atau kutek. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tentang tips membuat pembersih make up. Kali ini akan dibahas tentang tips membersihkan kutek tanpa menggunakan cairan khusus pembersih kutek yang biasa. Cairan tersebut jika kita perhatikan cenderung mengikis bagian terluar dari kuku. Sehingga setelah pemakaian, kuku akan tampak kusam dan agak kasar.


perawatan natural kuku membersihkan kutek

Sebenarnya sering memakai kutek juga dapat merusak kuku, karena kandungan bahan kimia didalamnya, begitu juga dengan cairan pembersih yang sering digunakan. Untuk meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak kuku, berikut tips-tips membersihkan kutek dengan cara natural.


Pewarna Kuku / Kutek Transparan

Cukup aneh memang, bagaimana bisa kita menghilangkan kutek dengan kutek juga? Tetapi percaya atau tidak cara ini sangat efektif dan cepat. Caranya lapisi kuku yang sudah dipoles kutek dengan kutek bening atau transparan. Setelahnya, segera gunakan kapas untuk menghapus kutek tersebut, sebelum kutek bening mengering.

Alkohol

Menghapus kutek dengan alkohol memang hasilnya tidak secepat cairan pembersih khusus. Anda harus melakukannya berulang agar kutek benar-benar bersih. Jika ingin mempersingkat waktu, kompres kuku dengan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol selama kurang lebih 1 menit agar kutek agak meleleh atau mencair, baru setelahnya gosok hingga bersih. Gunakan alkohol diatas 98%.

Air Panas

Cara terbaik untuk menghilangkan kutek adalah dengan membuatnya meleleh atau mencair. Siapkan mangkok berisi air panas, lalu rendam kuku dalam air selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu gunakan kapas untuk menghilangkan kutek. Sesuaikan suhu air, jangan terlalu panas, pastikan Anda dapat bertahan dengan suhu panas air selama 15 menit.

Cuka dan Lemon atau Jeruk Nipis

Campurkan kira-kira 1 sendok makan cuka (cuka putih atau cuka apel) dengan 1 sendok teh air lemon. Basahi kapas dengan cairan tersebut lalu gunakan untuk menghapus kutek. Cara ini memakan waktu yang agak lama, untuk itu sebaiknya kompres terlebih dahulu kuku Anda agar kutek agak meleleh, baru setelahnya hapus perlahan.

Untuk tambahan, oleskan minyak zaitun atau baby oil pada kuku setelah dibersihkan untuk menjaga kelembabannya. Atau tambahkan juga minyak vitamin E untuk perawatan rutin.

Semoga tips kali ini dapat membantu dan bermanfaat.
Selamat mencoba ^^ Ditunggu komen dan sarannya ya ~~

1 Comments

  1. kuteks sekarang ada yang berbahan alami loh, yaitu dari rumput laut, yuk di coba, cek link di bawah ya :
    http://news.unair.ac.id/2017/07/19/mahasiswa-unair-tawarkan-kuteks-sehat-alami-berbahan-rumput-laut/

    ReplyDelete
Previous Post Next Post