6 Jenis Minyak Esensial Yang Harus Dimiliki

By | 12:22 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Dalam artikel-artikel sebelumnya, sudah banyak sekali dibahas tentang berbagai macam informasi seputar minyak esensial. Mulai dari 4 cara penggunaan minyak esensial: aromatik, dioleskan, dikonsumsi, dan penggunaan disekitar rumah. Ada juga tabel yang bisa dijadikan acuan untuk memilih minyak esensial berdasarkan pada jenis kulit dan rambut yang dimiliki. Walaupun informasi yang diberikan tidak mencakup semua jenis minyak esensial, tetapi sebagian besar dari artikel tersebut, mengulas tentang jenis-jenis minyak esensial yang paling sering digunakan.

perawatan natural minyak esensial natural hut

Kali ini akan dibahas tentang beberapa jenis minyak esensial beserta cara penggunaannya. Informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang masih newbie mengenai minyak esensial, karena minyak esensial yang dibahas kali ini merupakan yang paling sering digunakan dan mudah dibeli.

1. Lavender


perawatan natural minyak esensial natural hut

Minyak esensial lavender sangat banyak digunakan, karena aromanya yang menenangkan. Dengan menggunakan aroma lavender Anda dapat menenangkan pikiran, membantu mengurangi insomnia, dan menenangkan anak-anak yang hiperaktif. Selain itu, minyak esensial lavender juga dapat membantu mengobati luka bakar, kulit iritasi dan gigitan serangga.

Cara menggunakan minyak esensial lavender juga beragam:
- Campurkan 5 - 8 tetes minyak esensial lavender dengan 60ml air dalam botol spray. Semprotkan pada bantal saat malam sebelum tidur, untuk membantu Anda terlelap.
- Teteskan minyak esensial lavender pada luka untuk mempercepat penyembuhan dan membunuh bakteri
- Campurkan 3 tetes minyak esensial lavender dengan 1 sendok makan minyak kelapa, oleskan pada bagian kening untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan stress.

2. Eucalyptus


perawatan natural minyak esensial natural hut

Aroma Eucalyptus mirip dengan minyak kayu putih. Minyak esensial ini memiliki antimikroba yang sangat baik untuk ditambahkan dalam produk pembersih homemade Anda. Selain itu aromaterapi dengan eucalyptus sangat baik untuk penderita sinus dan gangguan pernafasan.

Berikut beberapa cara menggunakan minyak esensial eucalyptus:
- Tambahkan 10 tetes minyak esensial eucalyptus dalam ember berisi air panas, dan gunakan untuk mengepel lantai.
- Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2-3 tetes minyak esensial eucalyptus. Oleskan pada punggung dan dada saat terserang flu untuk menghangatkan dan melancarkan pernafasan.
- Tambahkan 5 tetes eucalyptus dan 5 tetes tea tree, campurkan dengan 450ml air. Gunakan campuran ini untuk membersihkan kamar mandi.
- Tambahkan 3-4 tetes eucalyptus pada shampoo hewan kesayangan Anda untuk mengusir kutu.

3. Lemon


perawatan natural minyak esensial natural hut

Lemon dikenal dapat membantu membersihkan minyak, tidak hanya pada kulit, tetapi juga pada piring. Selain itu menghirup aroma lemon dengan difuser juga dapat membantu melancarkan pernafasan dan gangguan tenggorokan.

Cara penggunaannya:
- Buat difuser dengan minyak esensial lemon untuk menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan.
- Teteskan 1-2 tetes minyak esensial lemon untuk membantu mengurai rambut yang terkena permen karet. Atau untuk membersihkan bekas lem.

4. Peppermint


perawatan natural minyak esensial natural hut

Peppermint dapat membantu meningkatkan mood, menambah tenaga dan mengurangi sakit kepala. Aroma peppermint cenderung membuat suasana hati lebih ceria, karena aromanya yang mirip seperti permen.

Cara penggunaan:
- Gunakan untuk memijat kening dan mengurangi sakit kepala.
- Tambahkan dalam 450ml air 5-7 tetes peppermint, dan gunakan sebagai spray penyegar saat udara panas. Campuran ini juga dapat mengusir serangga.
- Campurkan masing-masing 5 tetes peppermint dan lavender, lalu tambahkan juga 1 sendok makan minyak kelapa. Gunakan sebagai pengganti balsem.

5. Tea Tree


perawatan natural minyak esensial natural hut

Sudah banyak yang tahu tentang manfaat tea tree, terutama untuk mengatasi masalah jerawat. Tea tree cocok digunakan untuk kulit berminyak, karena tea tree cenderung membuat kulit kering. Kandungan anti bakteria dan anti jamur pada tea tree sangat kuat sehingga merupakan bahan yang sangat ampuh untuk sebagai tambahan dalam produk pembersih rumah.

Penggunannya:
- Tambahkan 1% tea tree dari total berat shampoo Anda, untuk menghilangkan ketombe.
- Oleskan pada kulit yang gatal dan terluka untuk mempercepat kesembuhan.
- Gunakan untuk pengidap penyakit kulit kaki. Campurkan 2-3 tetes minyak esensial tea tree dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Gunakan 2x sehari.
- Tambahkan juga 5 tetes minyak esensial tea tree dalam produk pembersih rumah untuk membunuh kuman dan membuat perabot lebih higienis..

6. Wild Orange


perawatan natural minyak esensial natural hut

Aroma jeruk selalu sangat menyenangkan untuk dihirup. Selain itu wild orange juga memiliki anti bakteri, anti jamur yang ampuh.

Cara penggunaannya:
- Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan 1 tetes wild orange untuk digunakan pada bayi yang sakit perut.
- Tambahkan 2-3 tetes wild orange dengan 1 sendok makan minyak kelapa untuk dioleskan pada bagian dada dan punggung pada penderita flu ringan.
- Gunakan sebagai aromaterapi untuk menghilangkan bau tak sedap dan membunuh bakteri yang ada dalam udara. Campurkan 3 tetes wild orange dengan 2 tetes lavender untuk mendapatkan efek yang diinginkan.
Untuk minyak esensial yang termasuk dalam jenis jeruk, seperti lemon, wild orange, grapefruit, sweet orange, lime, dll, sebaiknya jangan gunakan saat ingin keluar rumah pada siang hari. Sebab akan membuat kulit mudah terbakar.

Semoga tips kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

0 Comment:

Post a Comment